Jenis dan Manfaat Kosmetika Dekoratif

Semua type kosmetik, dari mulai kosmetik pembersih, kosmetik pelembab serta pelindung dan kosmetik dekoratif (make-up), sampai kosmetik penyembuhan memiliki arah untuk pelihara atau meningkatkan kecantikan kulit, lewat pembersihan, pelembaban serta periasan. Kekhasan kosmetik dekoratif ialah hanya untuk merubah tampilan hingga terlihat lebih cantik serta bebas dari noda-noda atau kelainan kulit. Pemakaian kosmetik dekoratif lebih untuk fakta psikologis daripada kesehatan kulit yakni ditujukan untuk menutupi beberapa hal yang bisa kurangi kecantikannya, seperti garis-garis penuaan (age-spot), noda sisa jerawat (acne scar), dan untuk mengoreksi beberapa bagian muka yang kurang baik. Kosmetik dekoratif semestinya warnanya menarik, berbau harum yang menyenangkan, tidak lengket, tidak mengakibatkan kulit terlihat bercahaya dan tidak mengakibatkan kerusakan atau mengganggu andeksa kulit.

Kosmetik dekoratif dibagi jadi kosmetik dekoratif yang cuma memunculkan dampak pada permukaan serta pemakaiannya sesaat, seperti bedak, lipstik, perona pipi serta eye shadow, dan kosmetik dekoratif yang dampaknya dalam serta umumnya tidak gampang luntur, seperti kosmetik pemutih kulit serta cat kuku.

Jenis-Jenis Kosmetika Dekoratif

a. Alas bedak (Foundation)

Alas bedak (Foundation) dalam tata rias muka jadi basic sebelum dibubuhi bedak. Foundation bisa meredam bedak, sampai bedak gampang melekat pada kulit muka, alas bedak dapat memperhalus permukaan kulit dengan menutupi noda, cedera sisa jerawat, noda kebiruan (couperese) di sekitar pipi. Alas bedak bisa berperan untuk menyamarkan warna kulit yang pucat serta bayangan gelap di sekitar mata. Alas bedak dipakai di atas pelembab supaya pigmen zat warna yang dikandungnya tidak bersentuhan langsung dengan kulit. Alas bedak bisa dipakai untuk bikin shape atau dimensi muka hingga riasan muka jadi lebih prima. Ada beberapa macam alas bedak yakni:

1) Water based foundation (liquid).
Alas bedak type ini pas untuk wanita muda serta dewasa yang berkulit normal. Memakai foundation ini, kulit jadi lembab serta akan membuahkan riasan yang halus. Bahan basic foundation ini ialah air, hingga pemakaiannya semakin lebih gampang menyerap ke kulit serta lebih mudah dari minyak. Hasil akhir dari pemakaian foundation ini, riasan akan terlihat lebih alami. Pakai spons untuk mengimplementasikan liquid foundation, selanjutnya gunakan lewat cara didesak untuk menutupi pori-pori serta rongga kulit muka.

2) Oil based foundation.
Alas bedak type ini pas untuk wanita dewasa serta mereka yang berkulit kering, sebab foundation ini memiliki kandungan minyak serta pelembab. Alas bedak ini bisa tutup kerutan hingga riasan semakin bagus serta rata. Jika memakai Oil based foundation, semestinya tidak memakai bedak , sebab type foundation ini condong lebih berat. Hingga Bila ingin memakai bedak, semestinya terapkan dengan tipis. Oil based foundation dikemas berbentuk compact atau stick.

3) Oil free moisturizer Foundation
Kosmetika ini pas untuk kulit berminyak serta type alas bedak ini dapat menyerap kelebihan minyak pada kulit, hingga muka tidak terlihat mengkilap.

4) Concealer
Type foundation ini dipakai untuk menutupi beberapa bagian kulit yang membutuhkan penutupan spesial seperti noda, bercak-bercak, sisa jerawat atau cedera hingga kulit muka akan terlihat bersih serta rata. Diluar itu dapat menutupi lingkaran hitam di sekitar mata.

5) Foundation cream pemutih.
Type alas bedak ini umumnya dipakai dibawah mata untuk memberi dampak cerah di wilayah itu serta dapat menyamarkan kantung mata.

b. Bedak (powder)

Bedak ialah kombinasi homogen dari beberapa jenis bahan yang tidak larut di air. Beberapa bahan bedak digabung rata serta disaring seringkali, hasilnya akan berbentuk serbuk yang benar-benar halus serta ditambah pewarna dan minyak wangi sebelum dikemas.

Ketentuan bedak yang baik ialah bedak yang dapat menutupi cacat-cacat kulit dengan prima, menempel secara baik pada kulit, melicinkan kulit, mempunyai daya serap yang tinggi serta dapat memantulkan cahaya ultraviolet. Sesuai kriteria itu, umumnya bedak memiliki kandungan :

1) Zinhoxyda, zat yang memberikan daya penutup.
2) Zink stearat, zat yang mempunyai daya lekat.
3) Talcum vanetum, zat yang memberikan daya pelicin.
4) Calcium Carbonat serta magnesium carbonat, zat yang memiliki daya hisap.
5) Titanium dioxyda, zat yang mempunyai daya penutup yang kuat.
6) Zat warna serta parfum.

Bedak memiliki daya yang menyatu dengan alas bedak serta memberikan kesan-kesan kulit jadi lembut. Ada dua jenis type bedak yakni bedak yang berupa serbuk (face powder, loose powder) serta bedak padat (compact powder/krim puff).

Bedak serbuk (tabur) pas untuk semua type kulit. Penentuan warna bedak tabur umumnya sesuai dengan warna kulit. Pakai warna pink untuk beri kesegaran muka.

Compact powder ialah loose powder yang dipres jadi bentuk cake yaitu semacam bedak padat yang pemakaiannya paling praktis serta bedak padat ini ada yang sejenis transculent, serta two in one.

Bedak transculent yang berbentuk transparan pas untuk semua type kulit khususnya kulit kering serta normal, kulit peka semestinya memakai bedak aroma, serta kulit berminyak semestinya memakai bedak yang bisa menyerap minyak yang terlalu berlebih di kulit muka. Bedak two in one (two way cake) terdiri atas alas bedak serta bedak padat yang dipadukan, ini benar-benar bagus sebab bisa membuahkan dampak halus serta rata.

Bedak memiliki peranan diantaranya untuk hilangkan minyak mengkilat yang datang dari alas bedak, membuat perlindungan kulit muka dari cahaya matahari, membuat make–up bertahan lama serta lengkapi tata rias supaya jadi prima. Pilih warna bedak yang sama atau dikit lebih jelas dari warna foundation.

Bedak semestinya dipakai sesudah kulit muka dilapis alas bedak, krim rouge serta shadow (bayangan) yang dipakai di hidung atau sisi muka lainnya. Penggunaan bedak harus rata supaya didapatkan hasil yang alami. Gunakanlah spons lewat cara ditepuk-tepukkan pada semua muka, leher serta tengkuk, selanjutnya diratakan kembali dengan memakai kuas bedak yaitu kuas besar yang bulu-bulunya benar-benar halus. Bedak transparan membuat make-up lebih terlihat asli.

Bedak yang bersatu dengan serbuk berwarna mutiara atau keemasan cuma pas untuk make-up malam hari (memberi kesan-kesan gemerlapan). Bedak padat semakin lebih bertahan lama dibanding dengan bedak serbuk.

c. Perona Pipi (blus - on atau rouge)

Perona pipi (rouge) dipakai dengan arah untuk mengoreksi muka, hingga muka terlihat lebih cantik, lebih fresh serta berdimensi. Perona pipi ada berbentuk loose, compact powder, fat-based make-up, emulsi cair atau cream, cairan jernih serta gel. Losse atau perona pipi serbuk ialah bentuk perona pipi yang paling simpel, berisi pigmen serta lakes yang dipakai sesudah memakai bedak lewat cara dibaurkan pada tulang pipi yang mencolok dengan memakai kuas perona pipi.

Perona pipi compact powder lebih popular serta bisa menempel secara baik di pipi dan tidak beterbangan saat digunakan. Pemakaian pemerah pipi compact powder sama juga dengan penggunaan perona pipi serbuk.

Cream rouge bisa membuat susunan tipis yang rata di permukaan kulit hingga terlihat lebih alami. Cream rouge berbentuk menampik air hingga bisa terlepas dari risiko luntur jika terserang air. Perona pipi berupa cair serta krim dipakai sesudah pemakaian alas bedak (foundation) yang belum juga kering di kulit pipi serta sebelum bedak lewat cara dioles-oleskan pada tulang pipi yang mencolok memakai spongse. Rouge cair atau cream emulsi benar-benar baik dipakai untuk mendapatkan hasil yang benar-benar cantik serta alami.

Penentuan warna perona pipi semestinya sesuai dengan warna lipstick serta nail polish (cat kuku), hingga tampilan keseluruhnya semakin lebih serasi. Perona pipi ada dalam beberapa pilihan warna, yakni merah, jingga, pink dan kecoklatan.

Terapkan blus - on warna coklat muda serta orange bila ingin memberikan kesan-kesan alami. Terapkan blush – on warna pink sampai ke pucuk hidung bila ingin tampilkan kesan-kesan romantis, serta terapkan warna coklat tua di bagian pipi untuk memberikan kesan-kesan maskulin.

d. Eye shadow

Pemakaian eye shadow bisa tampilkan nuansa keindahan pada mata, hingga terlihat lebih cemerlang. Arah pemakaian eye shadow ialah untuk mengaksentuasikan mata serta membuat putih biji mata hingga mata terlihat cemerlang. Eye shadow dipakai di dekat mata serta di kelopak mata sisi atas. Eye shadow terhitung ‘ekstrem’ antara type kosmetik dekoratif lain, kandungan bahan dasarnya harus aman serta langkah pemakaiannya harus berhati-hati sebab dipakai di dekat mata yang kulitnya benar-benar sensitif.

Eye shadow bisa didapati dalam bermacam-macam, yakni berbentuk cair, krim, powder atau cake. Warna eye shadow meliputi semua warna serta untuk malam hari dibikin warna keemasan atau warna perak yang pemakaiannya sesuai dengan warna mata atau warna baju yang digunakan. Eye shadow dioles-oleskan pada kelopak mata supaya mata kelihatan cemerlang. Langkah pemakaian eye shadow samar-samar saja. Warna lembut untuk siang hari serta warna emas atau perak untuk malam hari. Di atas bayangan mata atau dibawah alis berilah warna yang lebih jelas (high light) supaya mata terlihat lebih cemerlang serta lebih rapi.
e. Eye liner (Sipat mata)

Pemakaian eye liner bisa menegaskan bentuk mata serta membuat mata terlihat semakin besar. Type eye liner ada yang berupa cair, krim atau berbentuk pensil, kosmetik ini dipakai pada seputar mata serta dibikin semakin besar supaya mata jadi terlihat lebih hidup. Warnanya ada yang mengkilap serta ada juga yang doff. Mata yang dikasih eye liner bisa menjadi terlihat lebih indah serta lebih ekspresif. Eye liner yang gelap membuat mata kelihatan lebih dalam, serta eye liners yang jelas akan mengusung mata lebih cekung ke. Eye liner digoreskan selama garis mata dimana bulu-bulu mata tumbuh.Tariklah dari kelopak mata samping atas dengan kencang serta halus sampai ke ujung mata. Ujung dari eye liner harus runcing benar.

Pakai eye liner cair supaya riasan mata lebih bertahan lama serta bersih. Sebelum memakai eye liner, tetapkan terlebih dulu ciri-ciri tata rias yang akan dibikin. Untuk tata rias romantis jauhi pemakaian eye liner dibawah mata. Untuk memberikan kesan-kesan glamour, ekspresif serta menegangkan, eye liner bisa dipakai dibawah mata serta penuh.Bila mempunyai bentuk mata yang bundar, jauhi penggunaan eye liner penuh, tetapi gunakan ditengah-tengah.

f. Pensil alis (Eye brow pencil)

Bentuk serta ketebalan alis memengaruhi kesan-kesan keseluruhan muka. Bentuk serta ketebalan alis bisa didapat dengan pencabutan beberapa atau semua alis mata serta menggantinya dengan lukisan alis mata memakai pensil alis (eye brow pencil). Pensil alis berperan untuk membuat alis supaya terlihat cocok dengan muka. Kosmetik type ini tidak hanya berupa pensil berupa cake/padat yang biasa dipakai dengan sikat alis. Warna pinsil alis ada 3 jenis, yakni cokelat, hitam serta abu-abu, sebab manfaatnya tidak hanya membuat alis, untuk melakukan perbaikan garis mata yang asli, contohnya membuat bentuk mata lebih lebar, lebih lonjong dan lain-lain.

Untuk membuat alis, pakai warna yang lebih muda, sebab warna alis tidak bisa lebih kuat dari warna mata. Pensil alis dipakai lewat cara digenggam tegak miring selanjutnya bentuk alis digambar dari mulai pangkal sampai ke ujung alis dengan bentuk yang umumnya mengecil ke ujung. Sesudah alis dibuat, tambahkan eye shadow, selanjutnya oleskan dengan sikat alis warna coklat, supaya membuat garis yang alami.

g. Cat bulu mata (mascara)

Maskara bermanfaat untuk menebalkan, melentikkan serta membuat bulu mata terlihat lebih panjang. Type mascara terdiri atas :

1) Maskara cair
Maskara cair adalah bentuk mascara yang banyak digunakan sebab gampang disapukan serta gampang dihapus, tapi kekurangannya gampang luntur. Pengguna lensa kontak semestinya menghindarkan maskara type ini sebab maskara bisa mengotori lensa kontak. Maskara cair dikemas dalam paket botol kecil dengan penutup yang diperlengkapi sikat untuk menyapukan maskara pada bulu mata.

2) Maskara water proof
Bentuk maskara water proof mirip maskara cair, tapi terbuat berbahan anti luntur, hingga aman dipakai buat mereka pengguna lensa kontak atau mereka yang suka beraktivitas yang kuras keringat. Kekurangannya yakni sebab maskara ini tidak gampang luntur karena itu maskara ini susah untuk dihapus serta dibikin bersih. Untuk mengangkatnya dibutuhkan pembersih spesial mata yang memiliki kandungan minyak seperti minyak bulus atau minyak zaitun. Paket maskara water prof sama dengan paket maskara cair biasa.

3) Maskara dengan conditioner
Maskara yang memiliki kandungan conditioner benar-benar baik dipakai pada bulu mata yang gampang rontok serta terputus. Kandungan conditioner-nya bisa memberikan nutrisi yang memperkuat bulu mata. Umumnya maskara type ini tidak berwarna (bening), hanya karena berisi bahan perawatan serta bukan untuk riasan dekoratif.

4) Maskara bulu
Type maskara ini cukup unik, sebab berbentuk maskara cair yang berisi bulu. Bila disapukan pada bulu mata, maskara ini bisa memberikan kesan-kesan bulu mata terlihat tebal serta panjang. Maskara ini pas buat mereka yang mempunyai bulu mata tipis serta jarang-jarang.

5) Maskara padat atau cake
Maskara type ini berupa cake sampai sekilas mirip perona mata. Maskara ini bila ingin dipakai harus digabung dengan air serta dibubuhkan dengan kuas spesial.Maskara ini bisa memberi kesan-kesan bulu mata terlihat alamiah.

Langkah pemakaian maskara : membuka mata, dari mulai kelopak mata sisi atas, sikatlah ujung bulu mata sisi atas selanjutnya pangkalnya, dilanjutkan ujung bulu mata sisi bawahnya dan pangkalnya. Seterusnya kerjakan untuk bulu mata kelopak mata sisi bawah lewat cara yang sama. Dalam penggunaan maskara, lihat jangan pernah maskara tentang kelopak mata, serta mata tak perlu betul-betul dipejamkan. Tempat paling baik kelopak mata waktu dikasih maskara ialah seperti lihat object yang ada dibagian bawah, tanpa ada tundukkan kepala. Nantikan sampai maskara betul-betul kering + 30 detik baru mata bisa dibuka atau dikedipkan.

h. Pewarna Bibir atau Lipstick

Pewarna bibir berperan untuk mewarnai pada bibir, hingga bibir terlihat lebih fresh. Revisi bentuk bibir bisa dikerjakan dengan memakai lipliner, liplife, lipstick/lipcolor, serta lipgloss. Lipliner berperan untuk membuat garis luar bibir, liplife berperan untuk bikin lipstick bertahan lama, lipstick atau lipcolor berperan untuk mewarnai pada bibir, sedang lipgloss berperan untuk memberikan dampak kilau yang glamour serta fresh hingga bibir terlihat basah terus.

Lipstik adalah type kosmetik yang terbanyak dipakai. Lipstik ialah make-up bibir yang anatomis serta fisiologisnya cukup berlainan dari kulit sisi tubuh yang lain, contohnya stratum corneum bibir benar-benar tipis serta dermisnya tidak memiliki kandungan kelenjar keringat atau kelenjar minyak, hingga bibir gampang kering serta pecah-pecah khususnya bila cuaca dingin serta kering. Lipstik yang baik sebaiknya: bisa melapisi bibir serta menempel secara baik tapi tidak lengket, tahan di bibir sepanjang mungkin, tidak memunculkan iritasi atau alergi kulit bibir, bisa melembabkan kulit bibir, memberi warna yang rata pada bibir dan dengan warna yang menarik.

Type lipstik ada yang dikemas dalam tabung berupa padat, ada pula yang berupa krim serta ada dalam beberapa warna. Type lipstik terdiri atas :

1) Satin
Lipstik dengan struktur benar-benar lembut, serta dikemas berbentuk stik atau liquid (cairan) Lipstik ini bisa menutupi bibir dengan prima dan memberikan dampak kilap tapi tidak berminyak.

2) Semi-gloss
Lipstik yang tidak demikian mengkilap, berminyak serta dikemas berbentuk stik atau cream padat.

3) Matte
Semacam lipstik yang bertahan lama, tidak mengkilat, memiliki kandungan pelembab, serta bisa memberikan kesan-kesan halus pada bibir. Lipstik ini dikemas berbentuk stik.

4) Laqcuer
Lipstik yang memiliki bahan basic gel, bening, serta dikemas dalam paket botol. Lipstik ini bisa memberikan kesan-kesan halus serta lembut (sheer).

5) Treatment
Lipstik yang terdiri atas kombinasi di antara pewarna bibir serta vitamin, dikemas berbentuk stik, memiliki tekstur lembut, memiliki kandungan pelembab, serta memberikan dampak kilau.Lipstik semestinya digunakan dengan memakai kuas hingga hasilnya lebih rata. Untuk bikin bibir seperti yang diinginkan, pakai lipliners yakni seperti lipstik yang berupa pinsil. Warna serta jenis lipstik benar-benar bermacam. Pemakaian warna lipstik disamakan dengan warna rouge, cat kuku serta warna baju. Bibir tebal semestinya tidak menggunakan warna lipstik begitu merah sebab bibir akan terlihat lebih mencolok.

i. Pensil Bibir atau Lip Liners

Pemakaian pensil bibir pada riasan muka ialah untuk menegaskan bentuk bibir baik untuk riasan revisi, atau untuk memberikan bentuk yang tegas pada bibir. Bentuk pensil bibir hampir serupa dengan pensil alis, tetapi mempunyai macam warnanya yang lebih bermacam.

j. Pelembab Bibir atau Lipbalm

Sebelum menggunakan lipstik, semestinya bibir diolesi dengan lipbalm yang berperan untuk melembabkan serta menolong menahan bibir pecah-pecah dan mengelupas. Lipbalm dibutuhkan supaya lipstik terlihat lebih menyatu.

k. Lipgloss

Dampak glossy atau kesan-kesan mengkilat pada bibir, bisa didapat dengan memakai lipgloss atau lip sheener hingga bibir kelihatan halus, lembut serta mengkilat. Lipgloss digunakan sesudah memakai lipstik.

Demikian artikel mengenai Jenis-Jenis Kosmetika Dekoratif serta Faedah Kosmetika Dekoratif untuk Merubah Tampilan Hingga Terlihat Lebih Cantik serta Bebas dari Noda, mudah-mudahan karunia serta tetap berguna